Pages

Senin, 30 Maret 2015

Inovasi Bisnis Suatu Keharusan di Tengah Persaingan


Bisnis merupakan sebuah persaingan. Persaingan memperebutkan sumber daya yang terbatas. Persaingan memperebutkan pasar yang terbatas. Persaingan ini kadang mudah, tetapi kadang-kadang sangat ketat.
Ketatnya persaingan dalam bisnis menuntut para pelaku bisnis untuk selalu melakukan inovasi. Tanpa inovasi mereka akan tertinggal dari bisnis-bisnis para pesaingnya. Dalam persaingan ketat, inovasi memegang kunci keberlangsungan bisnis seseorang. Mereka yang inovasinya maju akan memimpin pasar.
Pada saat persaingan longgar sekalipun para pelaku bisnis tidak boleh terlena. Pesaing baru bisa tiba-tiba muncul dengan membawa inovasi hebat mereka. Ketika kita terlena dan tiba-tiba muncul pesaing hebat, maka bisnis kita akan kelabakan.
Inovasi juga mutlak dibutuhkan oleh mereka para pendatang baru di dunia bisnis. Tanpa inovasi para pendatang baru akan segera lenyap, tak mampu menyusul para pendahulu mereka. Untuk dapat muncul ke permukaan para pendatang baru menjadi wajib melakukan inovasi.
Masyarakat konsumen terus berkembang, kebutuhan dan gaya hidup mereka. Inovasi bertujuan menyesuaikan produk dan sitem perdagangan dengan kebiasaan para konsumen. Dengan demikian baik konsumen maupun penyedia barang dan jasa sama-sama merasa nyaman. Penyesuaian terhadap kebutuhan dan gaya hidup para konsumen tidak akan bisa dilakukan. Bisnis akan stagnan tanpa ada peningkatan. Inovasi adalah satu-satunya cara agar konsumen dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih mudah, lebih murah and lebih menyenangkan.

Inovasilah yang menyebabkan Microsoft memimpin pasar sisitem operasi computer. Inovasi juga yang menjadikan Google memimpin pasar di dunia internet. Tanpa inovasi tak mungkin rasanya Bill Gate mampu tampil menyeruak ke permukaan ditengah bisnis perkomputeran yang dipegang oleh perusahaan-perusahaan besar.

=============================================================
Iklan: harga kredit motor yamaha paling murah disini tempatnya
=============================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar