Pages

Senin, 23 Maret 2015

Integritas Bisnis Sebuah Kunci Sukses yang sudah Langka Dimiliki para Pengusaha


Kegiatan bisnis adalah sebuah kegiatan mencari untung. Karena itu setiap kesempatan biasanya akan digunakan oleh para pengusaha untuk memperoleh sebesar-besarnya keuntungan. Tak jarang bahkan usaha mencari untung sebessar-besarnya ini menabrak kaidah-kaidah positif yang berlaku. Mengingkari janji, membatalkan komitmen dan sebagainya menjadi pemandangan yang lumrah dalam hubungan bisnis.
Semestinya kegiatan mencari untung yang sebesar-besarnya ini tidak menabrak norma bisnis yang ada. Semestinya integritas tetap dipegang. Adalah Ciputra yang memiliki pengalaman integritasnya dalam berbisnis. Ciputra mengungkapkan bahwa hati nurani, etika dan kejujuran adalah inti dari integritas ini.  Senior Manager Ciputra Group,  Antonius Sitanggang yang sudah 27 tahun bekerja di Ciputra Group menjadi bahan cerita Ciputra untuk mencontohkan integritas ini. Waktu itu Antoni Sitanggang, yang waktu itu masih muda sudah menjual beberapa kapling rumah yang ditawarkan oleh perusahaan, dan menghargainya dengan harga yang sama baik yang di sudut, di tengah maupun di tusuk sate. Secara pribadi Ciputra berpendapat seharusnya tempat-tempat itu dijual dengan harga yang berbeda.

Perselisihan tentang penentuan harga ini tidak membuat ciputra menggunakan segala cara untuk mencapai tujuannya. Walaupun tidak setuju dengan penjualan harga sama tersebut, tetapi akhirnya ciputra memilih untuk menetapi komimen yang sudah dibuat Antoni kepada pembeli dalam soal harga, sehingga semuanya tetap dikembalikam diskon sebesar 10 % yang memang sudah ditentukan saat itu. Yang mendapat sudut yang seharusnya harganya lebih mahal, diskon juga tetap diberikan. Jadi kesempatan untuk menambah keuntungan tidak dilakukan, mana kala hal itu menabrak komitmen. Inilah integritas.

================================================
================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar