Pages

Jumat, 13 Februari 2015

Memahami Perbedaan Laporan Aliran Kas (Cashflow) dengan Laporan Laba/Rugi




Salah satu laporan yang wajib ditampilkan pada sebuah laporan keuangan kegiatan bisnis adalah Laporan Aliran Kas atau Cashflow analisis. Laporan ini menceritakan berapa uang yang masuk dan berapa uang yang keluar pada periode tertentu. Selain jumlah masuk dan keluarnya uang, laporan ini juga menceritakan pada pos apa saja uang tersebut dikeluarkan dan dari pos mana saja uang kas diterima.
Lantas apa perbedaannya dibandingkan dengan laporan Laba/Rugi? Bukankah laporan laba/rugi juga menceritakan pemasukan dan pengeluaran. Sebenarnya laporan laba rugi tidaklah bercerita tentang laporan pemasukan dan pengeluaran kas. Laporan laba rugi bercerita tentang transaksi baik kas maupun non kas yang mempengaruhi untung rugi perusahaan. Walaupun keuntungan perusahaan selalu dinyatakan dalam nilai mata uang, namun keuntungan tersebut tidak selalu berwujud uang kas.
Keuntungan bisa berwujud piutang yang tidak berupa uang, atau berupa barang yang juga tidak berupa uang. Dengan demikain laporan ini bercerita hal yang berbeda dengan laporan aliran kas yang hanya membahas transaksi yang melibatkan uang kas. Pemasukan pada laporan aliran kas adalah pemasukan yang berwujud uang kas.
Pengeluaran yang dibahas pada Laporan laba/rugi adalah pengeluaran yang menyebabkan perubahan laba atau rugi perusahaan juga berubah. Pengeluaran tersebut dapat berbentuk uang kas maupun hutang. Dengan timbulnya hutang, berarti terjadi penambahan kerugian atau pengurangan keuntungan, walaupun uang kas tidak berkurang. Sementara transaksi yang hanya mengahsilkan hutang ini walaupun menyebabkan berkurangnya keuntungan tetap tidak masuk dalam laporan aliran kas, karena tidak mengalirkan kas keluar.
==============================================
Iklan: Rental mobil belitung siap mengantar perjalanan anda.
==============================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar