Pages

Kamis, 23 Januari 2014

Kepanjangan PHP



Kepanjangan dari istilah PHP adalah PHP: Hypertext Preprocessing. Kepanjangan ini mungkin menjadi pertanyaan dalam pikiran kita. Kok singkatannya Cuma HP (Hypertext Preprocessing)? Lalu P yang depan itu singkatan dari apa?
Pertanyaan ini wajar muncul dalam benak kita, karena model singkatan yang digunakan dalam PHP= PHP Hypertext Preprocessing memang sangat jarang, atau hampir tidak pernah digunakan dalam Bahasa Indonesia. Namun dalam Bahasa Inggris model singkatan semacam ini sering digunakan. Istilah yang digunakan untuk singkatan model ini adalah akronim berulang. Sehingga huruf P yang pertama mengacu pada PHP itu sendiri.

  • P --> PHP (Huruf P pertama mengacu pada singkatan itu sendiri)
  • H --> Hypertext
  • P --> Preprocessing

Contoh lain yang juga merupakan akronim berulang adalah :

  • GNU yang merupakan kepanjangan dari GNU’s Not Unix
  • GNE yang merupakan kepanjangan dari GNE’s Not Encyclopedia

Walaupun demikian sebenarnya pada awalnya PHP merupakan singkatan dari kata Personal Home Page. Dan dalam perkembangan selanjutnya kepanjangan PHP berubah menjadi seperti di atas yaitu PHP: Hypertext Preprocessing. Bahasa PHP merupakan bahasa skrip yang banyak digunakan dalam pemrograman website.
Bahsa PHP terutama digunakan untuk berinteraksi dengan server. Bahasa PHP sendiri juga dikenal sebagai bahasa yang ringan (tidak membutuhkan waktu pemrosesan yang lama, ketika berjalan). Selain itu PHP adalah bahasa pemrograman Opensource yaitu bahasa pemrograman yang dapat digunakan dengan gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar