Pages

Kamis, 30 Januari 2014

Big Data Apa Itu?

Menurut kamus Oxford big data didefinisikan sebagai sekumpulan data yang terlalu besar untuk diolah atau di interogasi dengan menggunakan berbagai metode dan alat yang standar. Banyaknya dan kompleksnya data ini diakibatkan oleh banyaknya sumber data yang ada dan semakin banyaknya orang yang berperan dalam menciptakan data. Bayangkan saat ini setiap orang menciptakan data foto dengan kamera HP mereka setiap hari, hal ini saja tentu menghasilkan data yang luar biasa kompleks dan banyaknya. Video juga dihasilkan jutaan setiap hari melalui kamera atau hp yang digunakan untuk mengambil gambar benda bergerak.
Kecenderungan pertumbuhan data yang sangat cepat inilah yang menjadikan data menjadi super besar. Dan karenanya metode yang konvensional kemudian menjadi tidak efektif lagi digunakan untuk menganalisis atau menginterpretasikannya.
Dengan demikian pengembangan teknologi yang menggunakan berbagai cara baik dari segi hardware maupun sodtware, akan harus dibutuhkan untuk menangani masalah ini. Analissi big data yang tepat akan menghasilkan perspektif baru dalam bisnis dan pemasaran di masa yang akan datang.
Perkembangan data yang sekarang berlangsung juga sangat cepat, dan karenanya harus diikuti kemampuan menganalisis yang juga cepat dan tepat. Tanpa teknologi tertentu Big data akan menjadi onggokan data yang kurang bermanfaat. Barangkali big data akan menghasilkan temuan-temuan baru yang sama sekali “aneh” di pandang menurut ilmu sebelumnya?

1 komentar:

  1. Facebook adalah contoh dari big data yang belum tentu bermanfaat untuk terus disimpan di servernya.


    Kunjungi balik http://kursusmembuatgame.com

    BalasHapus