Pages

Kamis, 23 Januari 2014

Kepanjangan DSL



DSL merupakan singkatan dari Digital Subscriber Line. Digital Subscriber Line merupakan seperangkat peralatan yang memanfaatkan kabel telepon untuk mengirimkan data digital. Dalam hal ini kabel telepon yang biasanya merupakan alat untuk mentransmisikan getaran suara dipakai untuk mentransmisikan sinyal internet dari satu tempat ke tempat yang lain, yang umumnya pada jarak dekat.
Dengan menggunakan teknologi DSL, maka kabel telepon dapat memiliki fungsi ganda sebagai sambungan telepon dan sekaligus sebaagi sambungan internet. Pemisahan sinyalnya masing-masing dapat dilakukan dengan memberikan bandwidt pada masing-masing sinyal. Teknologi ini banyak dikembangkan oleh perusahaan telekomunikasi (terutama telepon kabel) yang sebelumnya telah eksis menggunakan kabel telepon dalam bisnis telepon mereka.
Untuk masa sekarang ini juga telah dilahirkan teknologi transmisi data yang dilakukan dengan menggunakan sambungan internet dengan kabel berkecapatan tinggi (Cable Higt-Speed Internet). Kedua perangkat ini dikembangkan dengan filosofi yang berbeda. DSL lahir pada saat itu karena penggunaan internet yang masih belum merupakan kebutuhan pokok, sementara kabel berkecepatan tinggi, dikembangkan atas dasar bahwa internet merupakan kebutuhan mutlak dari kebanyakan penduduk bumi. Sehingga kecepatan yang dihasilkan oleh DSL biasanya memang lebih rendah. Walaupun demikian teknologi DSL juga terus dikembangkan sehingga kecepatan transmisi datanya juga bisa semakin cepat. Sambungan internet yang mana yang dibutuhkan, pada dasarnya sangat tergantung dari kebutuhan akan transmisi data masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar