Pages

Kamis, 23 Januari 2014

Kepanjangan ASCII



ASCII merupakan singkatan dari sebuah istilah dalam bahasa Inggris, American Standard Code for Information Interchang. ASCII merupakan kode standar Amerika untuk pertukaran informasi, kode ini kemudian dikembangkan sebagai kode standar untuk huruf dan simbol dalam komputer. Ada banyak simbol yang standar yang dalam ASCII diberi kode khusus. Misalnya untuk tanda lebih besar memiliki nilai 60, tanda sama dengan memiliki nilai 61 dan tanda lebih besar memiliki nilai 62.
Kode ini bersifat internasional dan dipahami sama oleh semua komputer yang ada. Dalam bahasa pemrogrman simbol ASCII biasanya digunkan untuk memunculkan huruf-huruf tertentu yang tidak dapat diketikkan secara langsung. Fungsi yang digunakan untuk memunculkan simbol atau huruf dari kode ASCII ini bermacam-macam. Misalnya dalam PHP, digunakan fungsi char. Kalau kita menuliskan, Char(nomor kode ASCII-nya), mak akan muncul simbol atau huruf yang dimaksud.
Kode ASCII ini penting agar,  tampilan yang terjadi sesuai dengan  tampilan yang kita inginkan. Dan seperti namanya memang kode ini untuk bertukar informasi, sehingga pada akhirnya nanti dapat diterjemahkan ke dalam simbol asalnya secara tepat. Kode ASCII ini merupakan kode-kode unik yang menghubungkan simbol-simbol dan huruf-huruf standar dengan angka tertentu. Angka inilah yang bebas dipindah-pindahkan. Karena kode ini sudah dipahami secara umum, maka setelah dikembalikan lagi ke simbol sesungguhnya akan dihasilkan simbul yang sesuai dengan asalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar