Pages

Sabtu, 28 Desember 2013

Seragam Drumband




Seragam drumband - Sebagaimana diketahui bahwa krisis moral dikalangan remaja kita bisa dibilang sudah sangat parah. Banyak sekali kejadian memperihatinkan yang melibatkan remaja kita, mulai dari narkoba, pergaulan bebas, tawuran dan berbagai tindak kejahatan lain. Berbagai kejadian tersebut telah membuat pemerintah mengambil kesimpulan bahwa pendidikan karakter memang sangat diperlukan untuk menumbuhkan kesadaran di dalam diri siswa, agar mereka menjadi warga masyarakat yang baik.
Pendidikan karakter ini diharapkan mampu menanamkan sikap-sikap positif ke dalam diri siswa. Bukan sekedar sebuah pendidikan yang mentransfer ilmu pengetahuan akan tetapi menjadi ajang penanaman sikap. Pendidikan juga diharapkan tidak hanya menjadi formalitas yang kaku. Pendidikan harus mampu memanusiakan manusia.
Salah satu kegiatan dalam pembelajaran yang diharapkan mampu menanamkan sikap adalah melalui kegiatan ekstra kurikuler. Kegiatan ekstra ini sifatnya sagat fleksibel sehingga guru-guru cenderung bebas untuk merancang pembelajaran sesuai dengan karakter yang akan dibentuk. Kegiatan ekstra juga berdasarkan pada minat siswa, sehingga siswa yang mengikuti datang dengan sukarela tanpa ada paksaan. Mereka mengikuti kegiatan ekstra dengan dasar karena menyukai kegiatan tersebut.
Kegiatan ektrakurikuler dapat berupa seni, olahraga maupun kegiatan keagamaan. Kegiatan seni misalnya drumband memiliki kemampuan menanamkan karakter yang luar biasa ke dalam diri siswa. Penanaman karakter ini dapat terjadi karena kegiatan drumband memang cenderung mengarahkan siswanya menjadi siswa yang disiplin, kompak, bertanggung jawab dan berani.
Dalam kegiatan drumband semua anggotanya harus disiplin. Hal ini terjadi pada saat latihan. Kalau para anggotanya tidak disiplin, maka tentu latihan tidak akan terlaksana. Misalnya ada undangan jlatihan jam 14.00 lalu sebagian anggota datang jam 14.00 lalu yang lain jam 16.00, maka mereka tidak akan bisa berlatih. Dalam kegiatan drumband ini seluruh anggota harus datang latihan sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati. Kalau ada sebagain yang tidak menepatinya, maka latihan akan gagal. Dari sinilah sikap disiplin itu terbentuk.
Kerjasama adalah sikap positif yang juga dapat terentuk melalui kegiatan drumband ini. Kita tentu tahu dengan jumlah yang demikain banyak itu kalau masing-masing anggotanya tidak bisa bekerjasama, maka pertunjukan drumband akan kacau. Pertunjukan drumband baru akan terlaksana dengan baik, kalau setiap anggotanya sadar akan tugasnya masing-masing dan kemudian dapat bekerjasama dengan anggota yang lain.
Dengan tampil di depan orang banyak, maka drumband juga dapat menanamkan sikap berani. Setiap anggota drumband harus berani tampil di depan orang banyak. Kalau mereka tidak berani, maka tidak akan ada pertunjukan drumband. Yang ada hanya latihan drumband di tempat tertutup.
Setiap anggota drumband juga akan menjadi pribadi yang percaya diri. Hal ini karena mereka telah terbiasa percaya diri dalam menampilkan pertunjukan drumband ini. Rasa percaya diri ini dipupuk melalui latihan yang kontinyu dan terus-menerus.
Salah satu kebutuhan manusia adalah kebutuhan untuk melakukan aktualisasi diri. Aktualisasi diri ini merupakan ciri manusia yang memang akan selalu menginginkan eksistensinya diakui oleh orang lain. Dengan latihan dan melakukan pertunjukan drumband, para anggotanya akan terbiasa mengaktualisasikan dirinya. Dengan demikian mereka akan menjadi pribadi yang sehat.
Musik yang menghentak dari drumband juga akan mampu menanamkan semangat juang kepada para pemainnya  dan juga kepada para penonton. Semangat juang ini tumbuh seiring latihan yang intensif dan suasana yang terbentuk oleh gerakan pasukan dan suara musiknya. Suasana perjuangan akan benar-bnar bisa dimunculkan dari latihan dan pertunjukan drumband ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar