Pages

Sabtu, 25 Januari 2014

Kepanjangan AGP


AGP merupakan singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris Accelerated Graphics Port. Ini adalah sebuah Port yang berkaitan dengan tampilan grafis dari sebuah komputer. Teknologi AGP merupakan penyempurnaan dari teknologi sebelumnya, yaitu teknologi bus ISA, bus VESA dan bus PCI. AGP digunakan mula pertama oleh intel pada tahun 1996.
Penggunaan AGP bertujuan supaya graphic card dapat mengakses memori fisik secara langsung. Namun konsekuensinya adalah memori yang digunakan oleh sistem operasi akan berkurang dan sedikit memperlambat. Namun hal ini dapat memperbaiki tampilan secara grafis menjadi lebih baik.
Teknologi inipun akhirnya disempurnakan dengan teknologi baru yaitu PCI express. Keunggulannya adalah PCI express  x18 akan memiliki kecepatan mentransfer data 2 kali lebih cepat dari pada AGP x8. Selain itu juga lebih hemat energi karena PCI express ini hanya membutuhkan  tegangan 800 mV atau 0,8 V, hal ini lebih rendah dari AGP yang membutuhkan tegangan operasi sebesar 1,5 V = 1500 mV (untuk AGP terbaru).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar