Pages

Jumat, 17 April 2015

Berbagai Contoh Bentuk Rekening pada Buku Besar

Dalam buku besar kita akan berurusan dengan berbagai rekening. Rekening-rekening pada buku besar umumnya mengikuti bentuk-bentuk tertentu. Bentuk rekening tersebut secara garis besar dapat dibagi menjadi 3 macam.
Bentuk pertama adalah bentuk yang sering disebut dengan bentuk T. Kalau kita lihat sekilas memang betuknya seperti leter T.


Dalam rekening tersebut disisi kiri khusus untuk menempatkan debet dan di sisi kanan untuk kredit. Baik keterangan, tanggal maupun jumlahnya dibuat terpisah. Dengan demikian saldo tidak dapat langsung terlihat. Untuk mengetahui saldo  setiap saat kita harus menjumlahkan jumlah debet, dan kredit, baru diselisihkan. Karena kurang praktis, maka dalam praktek rekening bentuk T jarang digunakan.
Walaupun kurang praktis rekening bentuk T ini lebih mudah untuk dipahami dan dapat memperkecil kesalahan saat posting. Kenapa mudah dipahami? Karena antara debet dan kredit dibuat betul-betul terpisah. Sehingga catatan tidak tercampur aduk.
Format rekening buku besar yang lain adalah sebagai berikut

Rekening bentuk ke 2


Rekening bentuk ke 3


Pada bentuk rekening ini jumlah saldo dapat diketahui setiap saat karena ada kolom saldo yang dapat diisi dengan nilai saldo pada baris terakhir setiap kali mengisikan suatu transaksi pada rekening.

Karena dapat mengetahui besarnya saldo setiap saat, maka rekening ini banyak disukai dan banyak digunakan dalam praktek. Akan tetapi bagi pemula bentuk rekening ini terlalu ruwet dan catatan antara debet dan kredit seperti berrcampur aduk. Tentu saja yang sudah biasa mengerjakan akuntansi akan lebih menyukai bentuk model 2 dan 3 ini.

==================================================
Iklan: Jika ingin kredit motor Yamaha baru, klik di sini
==================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar