Pages

Jumat, 10 April 2015

Harga Film Animasi Indonesia Lebih Mahal dari Harga Pesawat


Fim Battle of Surabaya dibuat dengan biaya yang tidak murah. Menurut penuturan Prof. M Suyanto, biaya pembuatannya mencapai 5 juta dolar Amerika Serikat. Biaya ini setara lebih dari 60 miliar rupiah. Bagi kita tentu biaya 60 miliar rupiah bukanlah biaya yang murah. Apalagi hanya untuk membuat satu film saja. Akan tetapi ternyata film-film di Holywood memang dibuat dengan harga yang mahal, bahkan ada yang biayanay mencapai triliunan rupiah.
Lantar berapakah harga yang diharapkan akan diperoleh dari hasil penjualan film ini. Prof. Suyanto sebagai produser film ini, mentargetkan harganya akan sekitar 15 juta dolar US. Harga ini lebih mahal dari harga pesawat buatan Indonesia. Harga pesawat yang berkisar 4 – 7 juta dolar ditargetkan akan terlampaui oleh harga film animasi Battle Of Surabaya yang juga buatan anak negeri ini.
Dengan demikian jika industri film animasi ini benar-benar sukses, maka akan lahir industri yang setara dengan industri pesawat terbang, dalam hal harga jual produk. Dengan melihat target harga jual yang 15 juta dolar, maka biaya 5 juta dolar menjadi tidak kelihatan mahal. Harga jualnya sudah akan memberikan keuntungan yang untungnya saja lebih besar dari harga pesawat buatan Indonesia semisal N 219 atau c212.

Namun semua industry tentu memiliki pangsa pasarnya masing-masing. Sebagai orang Indonesia kita harus bangga dengan keduanya, baik industry pesawat kita, maupun industry film animasi kita.

=================================
=================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar