Pages

Senin, 13 April 2015

Memahami Beberapa Isi Laporan Keuangan


Laporan keuangan merupakan laporan atas kondisi keuangan pada akhir periode akuntansi. Laporan ini bisa bulanan maupun tahunan. Pada periode bulanan laporan keuangan dilakukan pada akhir bulan. Pada periode tahunan  laporan keuangan dilakukan pada akhir tahun. Laporan keuangan sebenarnya lebih sebagai penafsiran secara akuntansi atas berbagai transaksi yang terjadi di perusahaan.
Laporan keuangan berisi beberapa laporan, diantaranya Neraca, laporan Laba/Rugi, dan Laporan arus kas. Ketiga laporan tersebut merupakan laporan yang paling utama dalam sebuah laporan keuangan. Ada lagi laporan seperti catatan atas laporan keuangan dan lain-lain yang menyesuaikan dengan karakteristik perusahaan.
Laporan neraca merupakan laporan yang berisi penjelasan tentang berbagai bentuk harta yang dimiliki oleh perusahaan pada akhir periode akuntansi, yang ditempatkan pada sisi aktiva. Sementara itu asal dari berbagai harta pada sisi aktiva tersebut dapat kita lihat pada sisi pasiva.
Laporan laba / rugi mengungkapkan perhitungan pendapatan dan juga biaya yang terjadi dalam satu periode akuntansi. Selisih dari pendapatan dan biaya itu kemudian disebut laba/rugi. Jika pendapatan lebih besar, berarti terjadi laba bernilai positif. Jika biaya lebih besar daripada pendapatan, maka terjadi laba negatif atau dikenal dengan rugi, pada perusahaan.

Laporan aliran kas menjelaskan daftar transaksi yang melibatkan kas masuk dan kas keluar. Transaksi tersebut kemudian dikumpulkan dan di jumlahkan. Kesimpulan akhir dari laporan ini adalah besarnya selisih kas masuk dan kas keluar.

=================================================
=================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar