Pages

Selasa, 07 April 2015

Apakah Ekuitas Itu?


Ekuitas atau sering disebut modal adalah harta bersih yang menjadi hak perusahaan. Pengertian ekuitas timbul karena dalam perjalanan bisnis sebuah perusahaan timbul transaksi seperti utang dan piutang.
Kalau sebuah perusahaan memulai bisnis dengan sejumlah uang tertentu tanpa meminjam uang dan belum memiliki piutang, maka semua kekayaannya dapat disebut sebagai modal atau ekuitas.
Pada saat perusahaan mulai meminjam uang kepada pihak lain, maka tidak semua harta yang dimiliki oleh perusahaan adalah hak miliki perusahaan. Harta tersebut menjadi hak milik perusahaan kalau semua utang sudah dibayar. Ekuitas = Harta – utang.
Dalam laporan neraca sebuah perusahaan pernyataan tentang ekuitas ini dapat kita lihat pada sisi pasiva. Di sisi pasiva ini memang menunjukkan dari mana sebenarnya berbagai harta yang dimiliki berasal. Asal dari harta secara garis besar dapat dibagi menjadi 2 dari perusahaan sendiri atau sering disebut ekuitas/modal dan dari pihak di luar perusahaan atau sering disebut utang.
Ekuitas akan turut menanggung kerugian yang diderita oleh perusahaan. Artinya kalau perusahaan rugi, maka nilai ekuitas dapat berkurang. Dengan kata lain ekuitas dapat dipakai untuk menutup kerugian perusahaan seandainya perusahaan mengalami kerugian dalam usahanya.

Sementara itu utang tidak ikut menanggung kerugian perusahaan. Jika perusahaan rugi utang tidak lantas berkurang. Utang tetap nilainya walaupun perusahaan merugi. Ini artinya utang tidak dapat dipakai untuk menutup kerugian perusahaan.

====================================================
Iklan: klik di sini, untuk mengakses konveksi seragam sekolah.
====================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar