Pages

Selasa, 14 April 2015

Apakah Pengertian Rekening dalam Akuntasi


Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar istilah rekening. Istilah tersebut biasanya kita kenal dalam dunia tabung-menabung atau berkaitan dengan bank. Mereka yang menjadi nasabah di bank akan memiliki rekening. Namun pengertian rekening dalam akuntansi agak berbeda dengan apa yang terkesan oleh kita dari pengertian rekening di bank.
Pengertian rekening dalam akuntansi biasa dipakai untuk mencatat berbagai aktiva, utang dan modal secara terpisah. Ketiga kelompok tersebut kemudian dapat dibuat menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil yang kemudian disebut sebagai rekening. Misalnya pada aktiva, kita mengenal ada kas dan ada piutang, berbagai kejadian yang melibatkan kas kemudian dikelompokkan menjadi satu dalam rekening kas. Kejadian lain yang berhubungan dengan piutang juga dikelompokkan menjadi satu dalam rekening piutang.

Dalam sebuah buku besar biasanya akan memuat berbagai rekening yang ada pada catatan pembukuan sebuah perusahaan. Nama-nama rekening yang sering kita gunakan misalnya: kas, piutang, inventaris, alat kantor, utang usaha, utang bank, biaya gaji, biaya penyusustan, biaya sewa, dan sebagainya. Setiap transaksi akan melibatkan setidak-tidaknya 2 rekening. Pada rekening yang satu angkanya dimasukkan dalam debet, dan pada rekening yang lain dimasukkan dalam kredit. Rekening lain tersebut disebut sebagai rekening lawan. Tujuan utama pengelompokkan transaksi kedalam rekening-rekening ini adalah untuk memudahkan analisa terhadap transaksi yang terjadi. Kesimpulan dari rekening-rekening ini pada akhir periode pembukuan dituangkan dalam laporan keuangan.
=================================================
=================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar