Pages

Selasa, 07 April 2015

Era Bisnis Spesialisasi Telah Tiba


Renald Kasali mengungkapkan bahwa keadaan bisnis saat ini sudah sangat berbeda dengan masa lalu. Kita tidak bisa lagi membayangkan membangun sebuah perusahaan seperti Unilever atau Coca Cola. Mereka memproduksi barang mereka sendiri, kemudian mereka juga memiliki jaringan pemasaran yang sangat kuat. Saat ini orang akan sulit untuk menguasai dari lini produksi sampai marketingnya.
Para pelaku bisnis pemula disarankan untuk memulai bisnis dengan mengambil spesialisasi. Bisa dicoba dengan menjadi khusus pemasar saja, sementara itu produknya dari orang lain. Atau bisa juga dicoba membuat produk dulu, kemudian pemasarannya diserahkan kepada orang lain.
Kalau kita berusaha menangani keseluruhan aspek bisnis dari produksi sampai dengan distribusi, maka modal yang dibutuhkan akan sangat besar. Hal lain yang juga menjadi kendala adalah kerumitannya juga berlipat-lipat. Akan banyak sekali masalah yang saling terhubung yang menuntut penyelesaian secara simultan. Tentu saja hal semacam ini akan menjadi hambatan yang sangat besar.

Karena itu hal yang paling realistis adalah memaksa diri untuk memilih apakah akan mengkhususkan pada bisnis produk ataukah bisnis marketing. Namun disarankan untuk pemula memulai dengan belajar memasarkan produk orang lain. Karena kemampuan memasarkan akan menjadi kunci sukses bisnis selanjutnya. Setelah kemampuan memasarkan diperoleh, maka dapat dicoba untuk membuat produk sendiri. Akan tetapi tentu saja semuanya harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Karena menangani produksi akan mendapatkan kerumitan yang berbeda dengan saat menjadi pemasar.

==============================================
Iklan: Cari Honda di Makasar, Kunjungi web kami
==============================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar