Pages

Sabtu, 22 Februari 2014

Memahami Logika Microsoft Word


Seperti kita ketahui, bahwa Microsoft mengeluarkan produknya, termasuk MS Word dan selalu saja memperbaharui produk tersebut. Pemutakhiran produk tersebut bermaksud untuk lebih mempermudah pengguna MS Word. Namun sering kali juga pembaruan produk ini menjadikan pengguna yang sudah familiar dengan produk yang lama menjadi canggung.
Pergantian dari Microsoft Word 2003 ke 2007 adalah salah satu contoh pergantian yang membuat banyak pengguna MS Word menjadi kebingungan  dalam menggunakan versi barunya. Ketika tadinya mau mengatur halaman tinggal tekan FileàPage setup, maka sekarang harus berhadapan dengan banyak ikon dan cara memulainya juga beda, yaitu dengan menekan menu Page layout. Sebenarnya Microsoft bermaksud mempermudah, tetapi karena tidak familiar menjadi kelihatan tambah rumit.
Untuk mengatasi hal semaca ini sebaiknya kita menggunakan logika yang memang dibangun oleh Microsoft. Logika itu adalah bahwa mereka ingin mempermudah pekerjaan kita. Microsoft ingin menampilkan perintah-perintah yang ada dalam bahasa simbol yang dipahami secara universal. Sehingga untuk menggunakan MS Word, maka kita sebaiknya tidak takut menafsirkan berbagai ikon yang menyimbulkan perintah tertentu.
Untuk membuat tabel misalnya, maka kita cari saja gambar yang mirip dengan tabel. Untuk menyisipkan autoshape umpamanya, maka kita cari saja simbol yang kira-kira menggambarkan autoshape. Untuk memberi penomoran, kita juga dapat memilih icon yang kira-kira menunjukkan hal itu. Dan semuanya akan kelihatan mudah, bahkan ketika nanti MS Word berganti dengan versi yang lebih baru lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar