Pages

Jumat, 21 Februari 2014

Fungsi OR dalam Excel

OR adalah salah satu fungsi Logika dalam Excel. Fungsi OR akan memberikan nilai “TRUE” atau “benar” jika salah satu argumen yang diberikan benar. Dan akan menghasilkan nilai salah hanya jika  semua argumen yang diberikan salah.
Contoh berikut ini barangkali dapat membantu anda memahaminya:

  • Contoh salah satu argumen benar.
 
kalau anda tekan enter, maka hasilnya adalah'

Pada contoh di atas hasilnya benar karena salah satu dari pernyataan ada yang benar yaitu “2+3=5”, sehingga walaupun pernyataan yang satunya salah, karena fungsi OR hanya membutuhkan salah satu benar, maka nilai akhirnya tetap benar (“TRUE”)
  • Contoh semua argumen salah
 Tuliskan pada lembar kerja excel anda tulisan di bawah ini,
Hasilnya adalah,
 
Pada contoh di atas hasilnya adalah salah (“FALSE”) karena semua pernyataan yang di berikan adalah salah. Yaitu baik “2+3=4” maupun “2+3=3” adalah pernyataan yang salah.
Catatan: Jika semua argumen benar, maka fungsi OR juga akan menghasilkan nilai benar.

Fungsi OR bisa juga digabungkan dengan fungsi IF. Contohnya adalah seperti di bawah ini. Silakan anda tulis pada layar seperti ini,

Dan kalau anda menulisnya dengan benar, maka hasilnya adalah seperti berikut ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar