Pages

Jumat, 21 Februari 2014

Langkah-langkah membuat Jadwal sederhana dengan aSc Timetables



Bagi anda yang sudah menginstal aSc Timetable dan belum terbiasa menggunakannya, anda tidak perlu khawatir. Berikut ini kami akan memberikan langkah-langkah untuk menggunakan aSc Timetable untuk keperluan sederhana. Kami menggunakannya untuk membuat jadwal sederhana, dengan maksud agar lebih mudah anda pahami. Kasusnya adalah sebagai berikut:
Misalkan kita memiliki sekolah kemudian kita harus membuat jadwal untuk 6 hari dengan setiap hari ada 4 jam pelajaran dan sekolah tersebut hanya memiliki 1 kelas saja (hal ini hanya untuk membuat masalah menjadi lebih sederhana). Sedangkan Pembagian Tugasnya adalah sebagai berikut:

  • Pak Ahmad mengajar mata pelajaran A,8  jam pelajaran /minggu
  • Pak Badu mengajar mata pelajaran B, 8  jam Pelajaran /minggu
  • Pak Candra mengajar mata pelajaran C, 8 Jam pelajaran /minggu

Langkah untuk menyusun jadwalnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka program aSc Timetable
  2. Pilih Create New Timetables.
    Dan anda akan dipandu oleh wizard yang terdiri dari 7 langkah. Yang pertama akan terbuka adalah langkah pertama dari 7. Tekan next
  3. Lalu pada langkah 2 isikan nama sekolah anda. Pada jumlah maksimum perhari isikan 4, dan pada number of day isikan 6. Lalu tekan next.
  4. Pada langkah 3 anda dapat mengisikan mata pelajarannya. Tekanlah tombol +Baru lalu tuliskan mata Pelajaran A, pada kode tuliskan A. Tekan lagi tombol + Baru lalu tuliskan mata Pelajaran B dengan kode B. Demikian juga untuk C lakukan cara sama. Lalu tekan next.
  5. Pada langkah 4 anda harus menuliskan kelas yang ada. Tekan tombol +Baru lalu tuliskan Kelas A. Lalu tekan next.
  6. Langkah 5 dapat anda lewati. Tekan next.
  7. Pada langkah 6 ini anda harus memasukkan data tentang guru. Tekan +Baru, lalu masukkan nama guru I, Pak Ahmad, lalu tekan OK, kemudian masukkan jam mengajarnya dan mata pelajarannya dengan meng-klik tombol pelajaran baru, lalu aturlah seperti gambar berikut ini.
    Lakukan hal yang sama untuk Pak Badu dan Pak Chandra. Setelah selesai tekan tutup.
  8. Lalu anda tekan test pada main menu.
    Kemudian akan ada proses untuk mengecek validitas dari data yang anda isikan. Lalu akan ada keterangan bahwa data anda sukses kemudian tekan OK, lalu tekan OK lagi, kemudian tekan tombol Start Timetables Generation. Maka jadwal anda akan tersusun secara otomatis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar