Pages

Jumat, 16 Januari 2015

Peluang Besar pada Bisnis Bibit




velocitydeveloper, Lembaga-lembaga yang sudah mapan selama ini telah mengeluarkan berbagai bibit unggul untuk menunjang produksi pertanian. Peran benih terutama adalah untuk melipatgandakan produktifitas lahan pertanian. Dengan luasan lahan yang sama diharapkan bibit unggul akan mampu menghasilkan lebih banyak, dan tentu saja lebih cepat.
Jika semua petani mau menggunakan bibit unggul, maka hasil pertanian akan naik berlipat-lipat. Akan tetapi sering kali petani menggunakan bibit seadanya, sehingga hasil pertaniannyapun tidak maksimal.
IPB sebagai perguruan tinggi yang menangani masalah pertanian juga mempersiapkan bibit unggul ini. IPB 3 S dan IPB 4 S telah disiapkan untuk ditanam para petani. Varietas IPB 3 S dapat dipanen pada usia 112 hari, ini berarti tidak sampai 4 bulan. Potensi panennya juga besar yaitu sampai 11 ton per hektar per musim. Dengan perkiraan hasil 7 ton per hektarnya.
Sebenarnya setiap petani dapat mengembangkan bibit unggul mereka sendiri. Bibit unggul ini semestinya lebih didasarkan pada potensi local, sehingga bibit unggul yang dikembangkan oleh petani local biasanya lebih cocok pada lingkungan di sekitar bibit dikembangkan. Hal ini juga dapat dicatat sebagai sebuah peluang bisnis. Para pengembang bibit dapat mendaftarkan produknya, dan kemudian menjualnya sebagai komoditas binis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar