Pages

Sabtu, 13 September 2014

Tanpa Otomatisasi di Atap Terbukanya, Lamborghini Aventador LP 700-4 Roadster, Tampil Elegan


Toyota Makassar - Keluaran dari Lamborghini memang akan selalu mengundang decak kagum, dari siapapun. Orang-orang kaya di dunia akan selalu berlomba-lomba memilikinya. Dalam usianya yang ke 50, pada tahun 2013 Lamborghini meluncurkan produk Lamborghini Aventador LP 700-4 Roadster. Sebenarnya yang dilakukan Lamborghini cukup sederhana, yaitu dengan mengambil basis dari Aventador Roadster Coupe kemudian menghilangkan atapnya. Dengan cara seperti ini, Aventador yang tadinya sudah sangat dramatis bentuknya menjadi  jauh lebih menarik.

Bentuk yang sangat bagus seperti  ini menjadikannya layak untuk dikoleksi, setidak-tidaknya bagi yang belum mampu membeli mobilnya, dapat mengkoleksi poster atau miniaturnya. Hal ini tentu saja lebih terjangkau. Miniatur atau poster seperti ini yang menjadikan Lamborghini selalu hidup dalam impian anak-anak dan remaja.

Ada dua hal penting yang selalu dipertahankan Lamborghini sebagai mobil mewah, yaitu performa dan stylenya. Untuk itu mobil tidak boleh terlalu berat, karena hal ini akan mengurangi performanya. Dengan model atap terbuka biasanya mobil akan membutuhkan besi tambahan untuk memperberat bodinya sehingga meningkat sekitar 100 – 150 kg, tetapi Lamborghini, dengan bahan serat karbon diklaim hanya menambah berat 60 kg dari versi tertutup.

Pada atapnya juga tidak ada motor pelipat atap. Sehingga kedua atapnya yang dapat dilepas harus dilepas secara manual, pada saat kita menginginkan mobil ini menjadi atap terbuka. Atap tersebut kemudian dapat disimpan di bagasi belakang mobil. Namaun tentu saja pembukaan secara manual ini memerlukan waktu yang cukup lama, tetapi Lamborghini memiliki alasan sendiri tentang atap manual ini.

Kehadiran motor pelipat sayap akan menambah bobort dari sebuah mobil sehingga hal ini perlu dihindari. Selain menambah bobot, kehadiran motor pelipat ini juga akan merusak style dari Lamborghini itu sendiri. Hal ini sebagaimana  diungkapkan oleh Coperini, desainer Lamborghini, ”Atap lipat otomatis praktis tetapi hanya akan mengurangi performa dan memperburuk style. Demikianlah kenapa Lamborghini jenis ini menggunakan atap yang membukanya hanya secara manual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar