Pages

Minggu, 10 Mei 2015

SOP sebagai Pengontrol Bisnis


SOP sebagai  Pengontrol Bisnis
Seperti halnya komputer yang seolah dapat berpikir sendiri,  usaha yang memiliki SOP juga seperti itu. SOP sering kali menggantikan perintah si pemilik perusahaan. SOP bisa memerintah walaupun tanpa kehadiran si pemimpin di tempat terjadinya pekerjaan.
Standard Operating Procedure (SOP) memang disusun utnuk menjaga perintah terlaksana sesuai dengan standar. SOP juga bisa dikatakan sebagai pengontrol bisnis, karena dengan SOP setiap lini pekerjaan akan dengan mudah dilaksanakan dengan kualitas yang stabil, tidak naik turun. SOP merupakan instrument penting untuk kemajuan perusahaan dan bisnis.
SOP yang disusun semestinya memang tidak memberatkan, bahkan sebaliknya SOP dapat menjadi alat untuk mempermudah pekerjaan. Jika SOP memberatkan mungkin SOPnya memang tidak tepat dan harus direvisi. Atau mungkin tidak dilaksanakan dengan baik. Atau bisa juga dirumuskan tidak dengan serius sehingga menjadi tidak berguna.
SOP sebenarnya hanya diwajibka pada bisnis franchise, menurut undang-undan. Namun demikian semua bisnis juga akan memperoleh manfaat positif kalau mau membuat SOP dan menerapkannya. Perusahaan akan menjadi terstandar dan mudah dikembangkan.
SOP yang dibuat semestinya dibuat lengkap sehingga setiap kegiatan yang dilakukan dapat terstandarisasi dengan baik. Kualitas dari proses dan hasil akan dapat dikontrol dengan baik, baik oleh yang melaksanakan dilapangan maupun oleh pengawas. Juga akan meminimalisir pertengakran antar pelaksana perintah dengan yang memberi perintah akibat kesalah pahaman.

=============================================

=============================================

1 komentar:

  1. Kami menawarkan pelbagai perkhidmatan kewangan yang meliputi: Perancangan Perniagaan, Perdagangan dan Pembangunan Kewangan, Hartanah dan Gadai Janji, Pinjaman Penyatuan Hutang, Pinjaman Perniagaan, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Semula Rumah dengan kadar faedah yang rendah pada 1.00% setiap tahun untuk individu, syarikat dan badan korporat. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga anda dan memiliki rumah impian anda serta skim Pinjaman Umum kami. Pemohon yang berminat harus menghubungi kami melalui BBM INVITE: {D8980E0B}
    WhatsApp Only :: {33753893351}
    E-mel: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus