Pages

Sabtu, 07 September 2013

Mengenal Web 2.0




Web murah - Kalau sekilas kita melihat istilah web 2.0, maka yang tergambar dalam benak kita adalah sebuah versi tertentu dari web. Dalam bayangan kita ada versi yang lain, misalnya, web 1.0, web 1.1 dan kemungkina akan berlanjut dengan web 2.1 atau web 3.0 atau versi selanjutnya. Pada kenyataannya web 2.0 bukanlah salah satu versi atau seri keluaran dari web. Pencetus istilah ini adalah O’Reilly Media. Dan istilah ini dicetuskan pada tahun 2003, 10 tahun yang lalu. Namun istilah ini mulai dikenal luas oleh banyak pihak pada tahun 2004, setelah istilah web 2.0 digunakan untuk judul sebuah konferensi yang bertema masalah ini.
Web 2.0 menekankan peran web sebagai sebuah tempat untuk menuangkan kreatifitas. Dengan demikian web ini dapat dikembangkan secara terbuka oleh banyak orang. Web jenis ini berbasis pada pemrograman open source. Dengan besarnya peran setiap pengguna untuk dapat ikut serta dalam pengembangan web 2.0, memang kadang kala menjanjikan berbagai kemajuan dalam pemrogramannya. Namun perlu juga disadari, karena bersifat terbuka dan bebas, maka banyak sekali hasil pengembangan yang terkesan “tidak selesai”. Dengan keadaan ini sering ditemukan semacam program “sampah”, yang dihasilkan oleh orang yang hanya main-main.
Namun demikian kelemahan itu dapat tertutupi oleh pengetahuan yang luas dari para pengguna web 2.0, yang pada umumnya sudah bisa melakukan pilihan-pilihan informasi dan tawaran dengan bijaksana dan teliti. Jadi sampai saat ini memang perkembangan web 2.0 masih terus berjalan dan menjanjikan kemajuan dalam suatu bidang di “pojok” hegemoni teknologi informasi. Bahkan web jenis ini memegang peranan yang sangat penting dalam pengembangan bisnis ringan.
Dengan besarnya partisipasi dari para pengguna ini, maka dengan sendirinya seolah-olah terbentuk sebuah jaringan yang besar antar sesama pengguna web jenis ini. Efek partisipasi inilah yang secara nyata dimanfaatkan oleh web 2.0 untuk memunculkan efek semacam jaringan.
Dengan pentingnya web 2.0 dalam percaturan dunia web saat ini, maka penguasaan web ini juga akan menjanjikan peluang bisnis tertentu. Dan sebagai pendatang baru, sebenarnya kita tidak perlu khawatir karena web jenis ini umumnya mudah digunakan oleh pengguna. Dengan logika bahwa pengguna memang harus mudah menggunakannya tanpa training khusus akan menjadikannya mudah diakses oleh banyak orang. Kalau jenis web ini sulit untuk diterima orang, maka tentu saja tidak akan ada orang yang mau meliriknya. Dan pada akhirnya tidak ada orang yang mengembangkannya. Tentu hal ini akan berefek pada berhentinya popularitas web jenis ini.
Jadi perlu ditekankan lagi bahwa kekuatan dari web 2.0 datang dari para penggunanya. Kalau para penggunanya adalah pengguna yang tangguh, maka web 2.0 akan dapat berkembang dengan pesat. Dan sebaliknya kalau orang hebat tidak mau meliriknya, maka jenis web ini hanya akan menjadi konsep yang sebentar kemudian menjadi usang. Namun kalau melihat perkembangan yang terjadi saat ini rupanya masih banyak orang yang mau mengembangkan web 2.0. Sehingga kita juga layak untuk mencobanya. Tentu saja dengan harapan kita akan mmmendapatkan sedikit atau banyak keuntungan. Dapat juga kita mencoba web ini untuk kegiatan bisnis kita. Dengan demikian kita akan mendapatkan keuntungan ganda yang berupa keuntungan bisnis dan pengetahuan baru tentang website. Namun tentu saja harga yang harus kita bayarkan adalah waktu untuk belajar dan istirahat yang kurang untuk mencoba-cobanya. Anda terarik, silakan mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar