Pages

Selasa, 24 September 2013

Karakteristik Produk yang Cocok di Pasarkan Melalui Website


Jasa pembuatan website - Pemasaran online atau pemasaran melalui website tampaknya sedang menjadi tren saat ini, mulai dari Hp dan produk-produk teknologi, sampai dengan produk pertanian seperti pupuk dan pestisida. Sehingga sebenarnya hampir setiap produk dapat dipasarkan melalui website. Namun pada kenyataannya ada yang sukses memasarkan produknya melalui website dan ada yang gagal memasarkannya. Lalu apa sebenarnya kunci dari keberhasilan pemasaran melalui websit tersebut?
Pemasaran melalui website akan lebih berhasil kalau produk kita memang cocok dipasarkan lewat online. Di antara karakteristik barang yang dapat sukses dipasarkan secara online adalah produk yang dibutuhkan oleh orang dari berbagai wilayah tetapi hanya dihasilkan oleh daerah tertentu. Konsepnya adalah mencari produk secara offline dan memasarkan secara online. Hal ini berarti sumber barang , mungkin adalah buatan sendiri ataupun kalau buatan orang lain, kita bisa memilih barang yang dapat kita cari secara offline. Misalkan kita dapat membeli sebuah produk batik dari pengerajin tertentu (secara offline) kemudian kita pasarkan melalui online, maka harapan untuk produk tersebut dapat bersaing tentu saja menjadi besar. Hal ini berbeda kalau kita mendapatkan barang tersebut secara online, maka sudah banyak orang yang akan dapat menemukannya di dunia maya. Dengan demikian kalau kita memasarkannya di internet atau melalui website, maka akan berpeluang lebih kecil.
Barang-barang yang perlu sentuhan nilai gengsi tinggi juga cocok dipasarkan melalui website. Hal ini berarti dengan kita memasarkannya secara online akan dapat meningkatkan nilai prestis nya di hadapan konsumen. Memang ada sekarang ini orang yang merasa bangga dengan berbelanja melalui online. Bahkan untuk barang yang sebenarnya ada di pasar samping rumah mereka sekalipun, orang semacam ini akan memilih untuk membelinya secara online. Bagi mereka membeli melalui website adalah lebih keren. Produk-produk yang memiliki penggemar semacam ini juga cocok dipasarkan melalui website.
Barang yang dapat dikirimkan dengan cara mudah. Barang-barang yang dapat dikirimkan dengan cara mudah tentu saja akan membantu kecepatan dalam ekspedisi pengirimannya. Dengan demikian kita akan tidak perlu repot-repot dalam menyediakan dana khusus dalam pengirimannya, demikian juga pembeli tidak perlu mengeluarakan dana yang terlalu besar untuk ongkos kirimnya. Baran-barang semacam souvenir adalah salah satu contohnya.
Barang-barang yang bernilai ekonomi tinggi atau berharga mahal juga sangat cocok untuk dipasarkan melalui website. Hal ini karena penjualan barang tersebut akan dapat menghasilkan keuntungan yang besar.
Untuk barang-barang yang pengirimannya susah sebenarnya juga memiliki peluang kalau kita memiliki armada pengiriman yang baik. atau setidak-tidaknya kita berpengalaman dalam mengirimkan barang. Salah satu contoh adalah bisnis pupuk organik. Pengiriman pupuk organik tentu saja memerlukan angkutan yang besar. Hanya untuk melakukan penjuala 1 juta saja kita harus mengirimkan barang yang jumlahnya tidak sedikit. Tentu saja hal ini akan menyulitkan kita kalau pengirimannya ke jarak yng cukup jauh. Akan tetapi adal cerita seorang penjual pupuk yang juga sukses memasarkannya secara onlien, melalui websitenya. Hal ini karena didukung oleh armada pengirimannya yang selalu siap untuk mengantar ke mana saja. Sehingga dalam kasus ini pemasaran berarti menawrkan saja tidak sampai serah terima abrangnya.
Apapun bisnis kita, sebenarnya memasarkan barang melalui website tetap memiliki peluang yang bagus, hanya saja setiap barang tentu saja memiliki karakteristik yang khas, sehingga dalam pemasarannya juga perlu pemasaran yang khas. Karakteristik itulaha yang perlu kita pelajari lebih dalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar