Pages

Sabtu, 31 Agustus 2013

Menerjemahkan Bahasa Indonesia ke Inggris dengan Google Translate


Jasa Pembuatan Website - Bahasa adalah sesuatu yang memungkinkan satu orang dengan orang lain untuk berkomunikasi secara verbal. Dengan bahasa ini manusia begitu praktisnya dapat memberi tahu dengan kalimat berita, misalnya orang ingin memberi tahu bahwa ada ular di dalam suatu ruangan, maka dia cukup dengan mengucapkan kalimat berikut. “Maaf, ada ular di dalam ruangan itu.” Atau seseorang ingin memerintahkan (meminta) orang lain untuk geser tempat duduk dalam suatu antrian, maka dia juga bisa menggunakan kalimat perintah, “Tolong bergeser ke kursi sebelah!” bisa juga dengan bahasa orang bertanya tentang sesuatu semisal dengan kalimat tanya, “Anda berasal dari negara mana?”
Yang menjadi kendala dalam komunikasi adalah kalau salah satu atau kedua komunikan tidak bisa memahami bahasa. Kendala ini dapat timbul karena memang sang pendengar bisu dan tuli sehingga tidak dapat mendengar apa yang diucapkan. Atau kalau dalam bahasa tulisan, maka orang buta akan tidak bisa untuk membaca dan tentu saja hal ini akan menjadi kendala. Dan ada juga orang yang tetap tidak bisa memahami, walaupun semua panca inderanya normal. Yaitu kalau seseorang tidak mengerti bahasa yang sedang digunakan dalam berkomunikasi. Seseorang yang tidak bisa bahasa Spanyol tentu akan tidak bisa memahami ucapan atau tulisan yang berbahasa Spanyol. Demikian juga kalau kita tidak bisa bahasa Inggris, maka kita akan tidak bisa memahami komunikasi yang berbasis bahasa Inggris.
Di internet sekarang ini banyak sekali informasi bermanfaat yang dapat kita peroleh. Banyak sekali halam di situs web yang memuat hal-hal bermanfaat. Untuk mencari tahu tentang gejala-gejala penyakit kita bisa mengetahui dari web tentang kesehatan. Untuk mengetahui cara menulis yang baik kita bisa mencari di Google lalu membuka halaman webnya. Namun sekarang ini artikel yang bersifat lengkap ternyata masih berbahasa Inggris oleh karena itu bagi kita yang menggunakan bahasa Indonesia akan kesulitan dalam memahaminya. Beruntung kalau kita bisa berbahasa Inggris, kalau tidak? Namun kita sekarang ini dimudahkan karena ada fasilitas terjemahan yang disediakan oleh Google, yaitu Google translate. Sehingga bukan hanya bahasa inggris yang bisa kita pahami, bahkan semua bahasa yang disupport oleh Google translate ini akan biasa dengan mudah kita pahami, tentu saja setelah kita terjemahkan. Untuk itu dalam tulisan ini akan disajikan cara menggunakannya di internet.
Untuk dapat menggunakan fasilitas Google translate ini, komputer anda harus terhubung dengan jaringan internet. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuka browser internet, anda dapat menggunakan Opera, Internet Explorer, Mozila Firefox, Google Chrome atau yang lain. Hal ini tergantung dari yang ada dikomputer anda dan yang familiar dengan anda. Kemudian setelah browser terbuka anda dapat mengetikkan alamat berikut ini https://translate.google.co.id. Setelah anda ketikkan, akan terbuka halaman seperti gambar pada bagian atas tulisan ini..

Untuk menterjemahkan teks, yang pertama harus anda lakukan adalah meng-copy teks tersebut, kemudian mem-pastenya di kotak putih yang bergaris pinggir biru. Setelah itu klik tombol terjemahkan. Tunggu beberapa saat, maka setelah beberapa saat anda akan menerima terjemahan dari teks tadi di tampilkan di halaman tersebut.
Untuk menterjemahkan suatu halaman web, anda dapat meng-copy alamat halaman web yang akan anda terjemahkan tersebut kemudian dipaste di kotak putih bergaris pinggir biru. Tunngu beberapa saat dan kemudian anda akan mendapatkan terjemahannya tersaji dihalaman anda. Perhatian: mungkin ada halaman-halaman tertentu yang memang tidak bisa diterjemahkan karena dilindungi. Mudah bukan, selamat mencoba.

4 komentar: