Pages

Minggu, 15 September 2013

Apa Itu Markup Language?




Jasa Pembuatan Website - Kode yang banyak digunakan dalam dunia internet adalah HTML yang termasuk ke dalam markup language. Lalu apa sebenarnya markup language itu? Markup language itu adalah sebuah sistem penulisan yang memungkinkan sebuah software memahaminya untuk ditampilkan dan diperlihatkan kepadaa para pembaca. Misalnya kita ingin memperlihatkan kepada para pembaca sebuah tulisan “aku adalah seorang penulis”. Maka teks tersebut kita tulis dan tentu saja para pembaca akan melihat tulisan “aku adalah seorang penulis” di layar tempaat mereka mengakses. Dan dalam markup language, kita bisa memberikan perintah tambahan mengenai bagaimana tulisan tersebut harus ditampilkan. Jadi HTML termasuk salah satu jenis markup language tersebut.
Dalam markup language kita dimungkinkan untuk memberikan perintah-perintah agar tulisan ditampilkan dengan cara tertentu. Perintah-perintah tersebut merupakan sebuah kumpulan perintah yang cara penulisannya ditentukan. Sehingga untuk dapat memerintah kita harus memahami ketentuan tentang bagaimana cara penulisan tersebut. Sebagai contoh kita ingin orang melihat tulisan “saya sedang sibuk belajar” dan tulisan tersebut kelihatan tebal, maka yang harus kita tuliskan adalah teks “saya sedang sibuk belajar” dan kita memerintahkan kepada software penampil untuk membuatnya tebal saat dibaca orang. Lalu bagaimana cara kita menuliskan perintah tersebut agar software memahami apa yang harus ia lakukan? Yang harus kita lakukan adalah 2 hal pertama, menuliskan teks yang akan ditampilkan  dan yang kedua adalah membuat perintah untuk menampilkannya sebagai tulisan tebal. Dalam bahasa HTML misalnya, akan dituliskan sebagai berikut
<b> saya sedang sibuk belajar</b>
Tulisan <b> ....</b> adalah sebuah perintah kepada software untuk menampilkan tulisan yang diapitnya agar di perlihatkan sebagai sebuah tulisan yang tebal kepada para pembaca. Dengan mengetahui perintah-perintah dalam markup language, maka kita bisa memerintahkan banyak hal kepada software untuk menampilkan tulisan dengan berbagai gaya yang kita inginkan. Contoh-contoh berikut ini akan kami berikan untuk memperjelas pemahaman anda tentang markup language ini, khususnya kami menggunakan contoh dalam bahasa HTML.
Contoh pertama:
<i> saya tidak pernah mandi malam</i>
Dalam teks diatas pertama kita memerintahkan kepada software untuk menampilkan tulisan yang miring, adapun tulisan yang harus ditampilkan miring tersebut adalah tulisan “saya tidak pernah mandi malam”. Jadi perintah <i> .........</i> adalah sebuah perintah yang dipahami oleh software untuk menampilkan tulisan yang diapitnya menjadi tulisan yang miring ketika dilihat oleh pembaca.
Contoh kedua:
<u>ini adalah hal yang sangat penting sekali</u>
Perintah yang kita berikan pada software ada dua yaitu pertama menampilkan tulisan yang bergaris bawah. Lalu apa tulisan yang harus ditampilkan bergaris bawah tersebut. Yang harus ditampilkan bergaris bawah tersebut adalah perintah kedua yaitu tulisan “ini adalah hal yang sangat penting sekali”. Sehingga dapat kita pahami bahwa <u> ... </u> adalah sebuah perintah untuk menampilkan tulisan yang diapitnya menjadi tulisan yang bergaris bawah saat dilihat oleh pembaca. Markup language ini penting dalam ranngka membuat kesepakatan dalam suatu penulisan sehingga orang bisa memerintaahkan bahasa atau software yang mereka kenal untuk menampilkan tulisan sesuai yang dikehendaki penulis. Dalam praktek penggunaannya banyak markup language ini yang perintah-perintahnya bisa dibangkitkan dari menekan tombol tertentu pada sebuah editor teks.
Dengan mengetahui lebih banyak tentang markup language ini, maka kita akan dapat menampilkan tulisan kita sebagai sesuatu yang menarik bagi para pembaca. Selain itu kita juga bisa memberikan center of view kepada para pembaca tentang sesuatu yang penting dalam tulisan kita. Jadi markup language adalah jembatan penghubung antara penulis dan pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar