Pages

Minggu, 29 September 2013

Berbisnis Produk UMKM Secara Online


Jasa pembuatan website - Pada akhir-akhir ini UMKM berkembang sangat pesat. Ada beberapa faktor yang mendukung kecepatan pertumbuhan UMKM ini. Tentu saja faktor utama adalah faktor dari dalam, yaitu keuletan dan ketekunan para pelaku UMKM sendiri. Tanpa keuletan tentu saja akan sangat sulit untuk bertahan di era yang sangat kompetitif seperti sekarang ini. Dan pada akhirnya yang tidak ulet akan cepat tumbang. Jangankan untuk tumbuh, untuk bertahan saja sulit. Faktor kedua yang juga berpengaruh besar adalah dukungan dari pemerintah yang sangat besar terhadap sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah ini. Melalui kementrian Koperasi dan UMKM pemerintah mengucurkan banyak dana untuk mendukung pertumbuhan UMKM ini. Hal ini tentu saja membuat UMKM semakin bertumbuh dengan subur. Banyak sekali program yang telah dirancang oleh pemerintah baik melalui permodalan maupun melalui pelatihan-pelatihan keterampilan.
Produk yang dihasilkan oleh UMKM juga sangat beragam, ada produk pakaian dan pernak-perniknya, produk makanan, produk jasa dan sebagainya. Terutama UMKM sangat berkembang pada produk-produk jenis kerajinan, hal ini dapat dimaklumi, karena produk kerajinan memang tidak dapat disaingi oleh mesin. Bahkan produk kerajinan tangan sering kali bernilai ekonomi lebih tinggi daripada produk hasil dari mesin. Rupanya orang saat ini sudah mulai bisa menghargai sentuhan karya tangan manusia. Mereka menghargainya dengan mau membeli produk-produk hasil karya tangan dengan harga yang sepantasnya (baca tinggi). Seperti batik misalnya, untuk batik yang hasil tulisan tangan memiliki harga yang lebih tinggi daripada batik yang dicap.
Produk lain yang juga berkembang pesat adalah produk makanan olahan. Hal ini karena pada umumnya makanan karya pengusaha kecil lebih alamiah dan tidak banyak mengandung bahan kimia berbahaya. Kesadaran orang akan kesehatan jangka panjang rupanya telah menyebabkan produk makanan ini berkembang dengan baik.
Salah satu kebiasaan dari UMKM adalah bahwa UMKM kebanyakan bergerak ditingkat lokal. Mereka umumnya mendistribusikan produknya ke lingkungan sekitarnya, kepada tetangga rumah, tetangga desa atau tetangga kecamatan. Walaupun demikian ada juga UMKM yang sudah bergerak sampai skala ekspor, walaupun kebanyakan dari yang ekspor itu masih melalui perantara. Jarang sekali yang menangani sendiri pemasaran yang lebih luas ini.
Sebenarnya UMKM dapat meningkatkan interaksi mereka kepada konsumen melalui dunia internet. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan website usaha mereka. Ketika UMKM yang bersangkutan sudah memiliki website, maka mereka sudah akan dapat diakses oleh seluruh dunia. Kalau hal ini ditangani dengan baik tentu saja akan meningkatkan interaksi kepada lebih banyak konsumen. Dengan meningkatnya interaksi ini akan meningkatkan penawaran terhadapa produk UMKM yang bersangkutan.
Sebenarnya secara karakteristik UMKM memiliki keunggulan untuk dibisniskan secara online. UMKM  biasanya bersifat khas suatu wilayah, dengan demikian produk dari UMKM tersebut akan sulit ditemukan di daerah lain. Hal ini merupakan salah satu keunggulan, karena dengan kekhasan ini, produk tersebut akan dapat menembus batas daerah yang luas. Dengan kekhasan itu pula produk UMKM akan unggul dalam persaingan pemasaran produk barang.
Yang juga perlu untuk dilakukan adalah mensinkronkan antara bisnis berskala mikro atau kecil dengan konsep online. Di mana konsep online mengehendaki spesifikasi yang jelas untuk dapat dikomunikasikan melalui website produk. Saya kira masalah ini bisa diselesaikan dengan pengalaman sambil menjalankan bisnis secara online.
Salah satu hal yang sangat penting untuk diungkapkan dalam bisnis online adalah dengan menentukan standar kualitas yang jelas. Untuk dapat eksis bersaing di dunia maya, maka produk UMKM juga harus memiliki standar kualitas yang jelas. Standar kualitas itu kemudian dikomunikasikan kepada konsumen melalui website.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar