Pages

Kamis, 03 Oktober 2013

Memanfaatkan Youtube untuk Hal Positif


Jasa pembuatan website - Situs berbagi video telah YouTube bisa dibilang menjadi situs berbagi video yang paling tenar akhir-akhir ini. Dominasi situs besutan Google ini memang masih belum bisa di saingi oleh situs yang lain. Lebih dari sekedar situs hiburan, rupanya YouTube telah menjadi situs yang turut merubah dunia. Banyak video yang ditayangkan oleh YouTube kemudian berimplikasi pada kehidupan nyata. Ada seorang yang terkenal menjadi milyader karena tampil di YouTube. Banyak juga orang yang bernasib sial karena telah ditayangkan di YouTube.
YouTube juga sering dibahas orang karena pengaruhnya terhadap gaya hidup masyarakat. Hal yang terutama dikritik adalah penyebaran budaya-budaya negatif semacam pornografi dan juga kekerasan. Hal ini memang telah menjadi sesuatu yang meresahkan masyarakat. Terlebih lagi di negara kita sekarang ini sedang giat-giatnya melakukan perbaikan moral terhadap bangsanya. Dengan hadirnya YouTube sesuatu hal negatif yang sebelumnya sulit untuk di akses menjadi sangat mudah untuk di akses. Film-film yang tidak sesuai dengan norma kesusilaan, tayangan-tayangan kekerasan dengan mudah dapat diakses melalui situs ini. Secara tidak langsung tayangan itu akan mempengaruhi perilaku masyarakat, baik dari pola pikir maupun perilaku sehari-hari.
Di samping banyaknya hal negatif, sebenarnya banyak juga hal positif yang dapat kita ambil dari keberasaan situs YouTube ini. Kita bisa memperluas pengetahuan kita dengan mudah dan cepat. Banyak kajian keislaman, ceramah-ceramah motivasi yang dapat dengan mudah kita akses. Kalau kita terbiasa mengakses hal-hal positif ini, maka dengan sendirinya kita akan terhubung dengan berbagai hal positif. YouTube sendiri memiliki mekanisme untuk melihat kecenderungan seseorang dalam mengakses suatu konten vide di YouTube.
Apakah YouTube akan  menjadi sebuah situs yang positif atau negatif itu semua tergantung dari cara kita berkelakuan ketika mengaksesnya. Kalau kita banyak mengakses situs-situs yang buruk secara moral maupun agama, maka kita akan cenderung memanfaatkan YouTube sebagai sebuah situs negatif. Pribadi kita akan banyak terpengaruh oleh hal negatif yang ditayangkan. Sementara itu kalau kita banyak mengakses tayangan-tayangan yang bersifat membangun, maka diri kita juga akan terbangun. Dengan melihat tayangan itu kita dapat meningkatkan kualitas diri dan kehidupan kita.
Salah satu langkah yang baik untuk dapat memanfaatkan YouTube menjadi sesuatu yang positif adalah dengan membuat komunitas. Kita bisa membentuk komunitas tersebut terdiri dari anggota-anggota yang sama-sama menginginkan untuk memperoleh hal positif dari keberadaan YouTube. Dari komunitas itu anggota bisa saling bertukar link-link yang bermanfaat. Dengan demikian, maka akan semakin banyak referensi positif yang akan kita peroleh.
Sebenarnya YouTube sendiri memiliki mekanisme untuk melaporkan situs-situs yang dianggap melanggar norma-norma kemanusiaan dan kesusilaan. Kalau kita memanfaatkannya dengan baik, maka dapat mengurangi efek negatif dari YouTube. Semisal kita menemukan situs yang bersifat negatif, maka kita melaporkannya melalui fasilitasyang diberikan oleh YouTube. Dengan laporanini akan ada perhatian dari YouTube terhadap situs yang bersangkutan.
Kita juga dapat secara aktif berperan mengembangkan YouTube menjadi sesuatu yang bermanfaat. Cara yang dapat kita lakukan di antaranya adalah dengan mengunggah video-video yang baik. Dengan video yang baik itu kita harapkan semakin banyak referensi positif yang dapat ditemukan oleh para pengguna YouTube. Misalkan kita merekam sebuah pengajian dengan handicam misalnya, maka setelah selesai kita dapat mengunggahnya ke YouTube. Tentu saja video ini akan dapat diakses oleh siapa saja pengguna Youtube. Pada akhirnya kegiatan kita mengunggah tersebut akan menambah pilihan positif bagi para pengguna.

1 komentar: