Pages

Sabtu, 24 Agustus 2013

Mengenal Toko Online


Jasa Pembuatan Toko Online - Sekarang ini berbelanja secara online rasa-rasanya sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Bisa berbelanja secara online merupakan kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Mulai dari browsing toko-toko penyedia barang , memilih barang melalui internet kemudian membayar melalui transfer bank dan pada akhirnya menerima kiriman barang adalah pengalaman tersendiri yang cukup unik. Sehingga tren belanja secara online pun semakin lama semakin meningkat. Kalau sekarang sudah banyak yang berbelanja secara online, maka pada masa-masa yang akan datang orang yang berbelanja secara online masih akan terus bertambah banyak.
Dalam sitem perdagangan online, maka pemilik barang akan memiliki toko yang disebut toko online. Toko online itu menyediakan barang, yang sebenarnya bukan barang, tetapi gambar dari barang yang ia jual. Gambar tesebut biasanya diambil dengan foto atau kamera, kemudian para pemilik toko online akan menampilkan gambar-barang-barang yang ia jual tersebut. Gambar-gambar tersebut akan disusun sedemikian rupa pada tampilan internet sehingga mudah untuk dipahami oleh pengunjung toko. Selain gambar barang, pemilik toko juga akan menampilkan harga barang dan  spesifikasi barang atau keterangan tentang barang tersebut. Sehingga ketika melihat barang pada toko online tersebut calon pembeli sudah memiliki gambaran yang jelas tentang barang yang ditawarkan.
Selain keterangan tentang barang, pemilik toko online akan memberikan nomor yang dapat  dapat dihubungi untuk berkomunikasi. Nomor tersebut dapat berupa nomor telepon atau nomor HP. Tujuan ditampilkannya nomor tersebut adalah agar apabila calon pembeli ingin meminta keterangan lebih lanjut, dia dapat menghubungi pemilik toko untuk bertanya melalui telepon atau sms melaui HP. Selain telepon dan HP sekarang ini sarana komunikasi juga sudah berkembang jauh melampaui perkiraan manusia. Ada sarana melalui Yahoo Massenger (YM), Facebook (fb), Twitter, BlackBery Massanger (BBM). Dan berbagai sarana lain. Kalau pemilik toko online memiliki YM, fb, Twitter atau BBM, biasanya dia juga akan mencantumkan akunnya pada toko tersebut.
Bagaimana cara melakukan pembayaran, padahal antara penjual dan pembeli tidak pernah saling bertemu? Hal ini mudah saja, karena sekarang kita dapat mengirimkan uang untuk pembayaran tersebut melalui Transfer Bank. Sehingga pemilik toko online biasanya juga akan mencantumkan nomor rekening untuk melakukan pembayaran, di mana kita bisa mentransfer uang kita ke nomor rekening tersebut. Hal yang harus kita ketahui adalah bahwa sistem toko online berbeda dengan toko biasa dalam hal serah terima barang dan uang. Dalam toko biasa pembayaran dilakukan setelah barang diterima, tetapi dalam toko online terjadi sebaliknya pembayaran dilakukan sebelum barang dikirimkan. Perdagangan secara online ini tetap bisa bertahan bahkan berkembang karena inti dari perdagangan secara online sebenarnya adalah rasa saling percaya. Para pembeli mempercayai penjual yang tidak pernah mereka temui sebelumnya, dan sebaliknya.
Di sisi lain perdagangan secara online ini akan mempermudah seseorang dalam berbelanja, selain itu juga akan memperbanyak pilihan terhadap barang, kemudian juga menghemat biaya transportasi. Kita bisa membayangkan kalau kita harus membeli barang dengan datang ke tempat produksi barang tersebut yang berjarak ratusan km, tentu saja ongkos transportasi untuk mendatangi tempat tersebut akan mahal. Tetapi melalui toko online, dengan bermodalkan internet di rumah, maka barang akan bisa kita beli dari rumah, mulai dari memilihnya melalui website atau toko online, kemudian memesannya, melakukan pembayaran juga dapat kita lakukan melalui internet banking, kemudian barang tersebut akan diantar sampai ke depan pintu rumah kita. Hal ini adalah sebuah cara berbelanja yang 30 tahun lalu tidak pernah terbayangkan akan terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar