Pages

Kamis, 22 Agustus 2013

Cara Menulis Artikel Website


jasa pembuatan website - Dengan semakin banyaknya kebutuhan orang akan website, maka kebutuhan untuk membuat konten websitepun menjadi semakin meningkat. Konten website itu sendiri dapat berupa tulisan atau artikel, gambar, musik atau video. Dalam tulisan ini akan dibahas konten yang berupa Artikel, yaitu konten yang isi utamanya adalah berupa kalimat-kalimat.
Dari segi jenisnya artikel website sendiri dapat dibagi menjadi beberapa macam, misalnya berita, opini, cerita fiksi, cerita bebas dan sebagainya. Sehingga sebelum menulis, semestinya kita menentukan terlebih dahulu jenis artikel website yang akan kita buat. Setelah itu baru kita mulai menulis artikel website tersebut. Dengan  sudah ditentukannya jenis tulisan, maka kita akan lebih  mudah untuk mencari sumber referensinya, menentukan gaya penulisannya dan menentukan target pembacanya.
Hal selanjutnya yang perlu kita ketahui adalah, bahwa artikel website itu memiliki karakteristik yang berbeda dari artikel pada media cetak. Media cetak pada umumnya menulis artikel yang up to date tingkat harian, sementara itu artikel website dapat up to date dalam hitungan jam, menit ataupun detik. Dengan cepatnya berita dapat diakses dari website, maka khususnya untuk artikel berita harus sangat up to date. Berita harus selalu di up date setiap detik. Kalau kita menulis berita yang kemarin, maka berita itu akan sudah menjadi basi, bahkan berita 2 jam yang lalu saja bisa saja sudah menjadi basi. Karena itu untuk menulis artikel berita ini, sebaiknya kita memiliki akses yang kuat terhadap sumber berita. Dengan demikian kita sebaiknya menulis berita yang berasal dari sumber yang secara jaringan dekat dengan kita. Misalnya kita seorang pengurus partai atau seorang pegawai di Kantor sebuah partai, maka kita akan memiliki akses yang kuat dengan berita seputar partai tersebut. Sehingga kalau kita menulis berita tentang partai tersebut tentu akan paling up to date dibanding dengan artikel dari penulis yang lain. Solusi yang lain adalah dengan kita menulis artikel selain berita. Artikel opini misalnya, akan tidak terlalu mudah basi. Artikel ini dapat bertahan beberapa hari untuk tetap up to date.

Kita juga harus menyadari bahwa kebanyakan orang akan membaca artikel website pada layar komputer atau layar laptop mereka. Hal ini berbeda dengan artikel pada media cetak yang tentu saja dibaca dalam bentuk tulisan pada sebuah kertas. Dari segi kenyamana tentu saja membaca tulisan pada kertas akan lebih nyaman dan tahan lama daripada membaca pada layar komputer atau laptop. Karena membaca artikel berita pada sebuah website lebih tidak nyaman dibanding pada media cetak, maka kita harus menyampaikan pesan tulisan itu secepatnya kepada pembaca. Dalam hal ini kita harus membuat tulisan yang padat dan berisi serta mudah dipahami. Hindarkan menuliskan banyak sekali topik dalam sebuah artikel. Kalau kita memiliki tulisan yang panjang, maka sebaiknya kita memotong-motongnya menjadi beebrapa artikel. Dengan cara ini diharapkan pembaca dengan cepat  dapat memahami maksud dari keseluruhan isi artikel website kita. Kalau kita menuliskan dengan panjang lebar, maka sebelum pembaca memahami maksud artikel yang ada di website kita, dia sudah tidak tahan untuk berpindah ke artikel atau website yang lain.

Dalam hal kemudahan memilih, maka orang akan sangat mudah memilih artikel yang mereka sukai di website, mereka dapat mencaria artikel dari banyaak sekali sumber. Sementara itu pilihan artikel pada media cetak cenderung terbatas, pada beberapa koran atau majalah yang dimiliki atau dipinjam pembaca saja. Oleh karena itu tulisan artikel harus unik, dan kalau bisa belum banyak orang yang menuliskan topik tersebut. Hal ini dapat kita ketahui dengan banyak membaca artikel-artikel di internet.
Sehingga dalam menulis artikel website sebaiknya kita mempertimbangkan beberapa hal di atas agar tulisan kita menjadi tulisan yang berkualitas di mata pengunjung website kita. Kalau kita menulis hanya asal-asalan, maka artikel kita tidak akan dilirik oleh para pengguna internet, dan hanya akan menjadi sampah di internet. Karena itu mulailah menulis dan pertimbangkan hal-hal di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar