Dalam sebuah
pidatonya ahli pemasaran Indonesia, Hermawan Kartajaya mengungkapkan bahwa
salah satu kunci dari kesuksesan pemasaran di tahun 2014 adalah connectivity. Connectivity
atau keterhubungan dapat terjalin baik secara online maupun offline. Pembangunan
jembatan Suramadu adalah salah satu contoh connectivity secara offline, yaitu
menghubungkan antara pulau Jawa dengan Madura. Dengan keterhubungan ini, maka
pemasaran antara Jawa Madura akan semakin lancar.
Namun Hermawan
Kartajaya dalam Acara Markplus Conferrence 2014 tersebut juga menekankan
pentingnya connectivity secara online. Diungkapkan bahwa Telkomsel sedang membangun
satu juta Wi-Fi di seluruh Indonesia. Dengan demikian infrastruktur untuk
terjadinya connectivity secara online melalui internet akan dapat dilakukan
dengan semakin mudah.
Terlebih saat ini
89% anak muda sudah terkoneksi dengan internet. Hal ini tentu saja tidak dapat
kita sepelekan’ “89 % anak muda terkoneksi dengan internet, jangan main-main,
89 %”, demikian diungkapkan Pemilik MarkPlus ini.
Juga diungkapkan
bahwa 37 % wanita saat ini terlibat secara aktif dalam jejaring sosial. Dari sudut
pandang lain tentu saja hal ini adalah merupakan peluang pasar di dunia
internet. Selain itu 75 % dari masyarakat Indonesia adalah Netizens. Mereka menggunakan
Gadget untuk berkomunikasi secara aktif dengan teman, saudara dan rekan bisnis
mereka. Dengan demikian maka, connectivitas secara online memang akan semakin
mempengaruhi dunia pemasaran Indonesia di 2014 mendatang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar